Selasa, 29 November 2011

Pertemuan ke 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 

(RPP 2)



SEKOLAH                         : SMP NEGERI 1
Mata Pelajaran                  : IPS (Geografi)
Kelas / Semester              : IX / 1
Standar Kompetensi         : 1. Memahami kondisi perkembangan negara di dunia
Kompetensi Dasar            : 1 .1. Mengidentifikasi ciri negara berkembang dan negara maju
Indikator                              : * Mengidentifikasi ciri-ciri negara maju dan negara berkembang
                                               * Memberi contoh negara-negara yang tergolong ke dalam negara
                                                 maju dan negara berkembang
Alokasi Waktu                      : 1 x 40 menit (3 x pertemuan)
Tanggal dan Waktu             : Jumat, 2 Desember 2011

A. TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Menjelaskan ciri-ciri negara maju
2. Menjelaskan ciri-ciri negara sedang berkembang
3. Memberi contoh negara tergolong negara maju dan negara sedang berkembang

B. MATERI PEMBELAJARAN

1. Ciri-ciri negara maju Jepang, Amerika Serikat, Inggris dan Perancis
2. Ciri-ciri negara sedang berkembang
3. Contoh negara sedang berkembang dan negara maju

C. METODE PEMBELAJARAN

1. Penyampaian materi melalui blog
2. Tanya jawab
3. Observasi
4. Demonstrasi

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN

2. Pertemuan ke-2

Materi : Ciri-ciri negara yang sedang berkembang

 a.Pendahuluan
1. Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan kelas dan kerapihannya 
2. Mengingatkan kembali pelajaran yang ada kaitannya dengan negara berkembang
3. Menyampaikan indikator yang ingin dicapai

b. Kegiatan Inti
1. Guru membagi kelas menjadi 5 kelompok
2. Kelompok A : membahas negara Meksiko
Kelompok B : membahas negara Brazil
Kelompok C : membahas negara Kenya
Kelompok D : membahas negara Mesir
Kelompok E : membahas negara Saudi Arabia

3. Masing-masing kelompok akam mempresentasikan hasil kelompoknya diwakili oleh
anggota masing-masing

4. Mengadakan tanyajawab

c. Penutup
- Penilaian
- Refleksi salah satu kelompok disurub/diminta merefleksikan materi yang telah
dibahas

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar