Selasa, 29 November 2011

Pertemuan ke 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 

(RPP 1)



SEKOLAH                         : SMP NEGERI 1
Mata Pelajaran                  : IPS (Geografi)
Kelas / Semester              : IX / 1
Standar Kompetensi         : 1. Memahami kondisi perkembangan negara di dunia
Kompetensi Dasar            : 1 .1. Mengidentifikasi ciri negara berkembang dan negara maju
Indikator                              : * Mengidentifikasi ciri-ciri negara maju dan negara berkembang
                                               * Memberi contoh negara-negara yang tergolong ke dalam negara
                                                 maju dan negara berkembang
Alokasi Waktu                      : 1x40 menit (3 x pertemuan)
Hari dan Tanggal                : Kamis, 1 Desember 2011

A. TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Menjelaskan ciri-ciri negara maju
2. Menjelaskan ciri-ciri negara sedang berkembang
3. Memberi contoh negara tergolong negara maju dan negara sedang berkembang

B. MATERI PEMBELAJARAN

1. Ciri-ciri negara maju Jepang, Amerika Serikat, Inggris dan Perancis
2. Ciri-ciri negara sedang berkembang
3. Contoh negara sedang berkembang dan negara maju

C. METODE PEMBELAJARAN

1. Penyampaian materi melalui blog
2. Tanya jawab
3. Observasi
4. Demonstrasi

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN

1. Perternuan ke-1

Materi 1 Ciri-ciri negara maju :

a. Pendahuluan
1. Menjelaskan rencana kegiatan yang akan dilakukan dengan:
- Menggunakan globe, atlas dan peta
- Mengadakan tanya jawab pelajaran yang lalu dengan peragaan gambar/peta
2. Menyampaikan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai

b. Kegiatan Inti
1.membagi kelas dalam beberapa kelompok (5 kelompok)
2. Kelompok A : membahas tentang informasi negara maju dan negara sedang
berkembang
Kelompok B : membabas tentang negara Jepang
Kelompok C : membahas tentang negara Amerika Serikat
Kelompok D : membahas tentang negara Inggris
Kelompok E : membahas tentang negara Perancis

3. Masing masing perwakilan dari kelompoknya mengintepretasikan hasil kelompoknya.

4. Mengadakan tanya jawab.
mengumpulkan basil kerja kelompok, mencatat pertanyaan siswa dan mengomentari hasil kerja kelompok dengan memberi penghargaan dan kritikan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar